MAKALAH
BUSINESS PRACTISE 4
PERUSAHAAN RETAIL PT. INDOMARCO
PRIMATAMA (INDOMARET)
Nama Fasilitator : AGUS PURNOMO SIDI,
S.Sos.,M.M
Nama Kelompok :
1. Afrita Setiawan
(14102004)
2. Chelsea Kustyanti (14102028)
3. Lisa Wamaghfiroh
(14102080)
4. Yulia
Retno Wulansari (14102186)
5. Yusi Prasasti
(14102085)
PERGURUAN
TINGGI ASIA
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI
2016
Nama Brand
|
: Indomaret
|
Tahun Berdiri
|
: 1988
|
Badan Hukum
|
: PT. Indomarco Prismatama
|
Pemilik
|
: PT. Indomarco Prismatama
|
Jumlah Outlet
|
: Lebih dari 10.000
|
PROFIL PERUSAHAAN INDOMARET
Indomaret merupakan jaringan
minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan
luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal
bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol,
Jakarta Utara.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan
bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan
lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan
Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Juli 2009 Indomaret mencapai 3531 gerai. Dari total itu 1998 gerai
adalah milik sendiri dan sisanya 1533 gerai waralaba milik masyarakat, yang
tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah,
Jogjakarta, Bali dan Lampung. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah
perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai
didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga
bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung
oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret
merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret
diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir,
BSD Plaza dan Charmant.
SEJARAH INDOMARET
Bisnis
waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat
mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus
membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat
kegagalan yang rendah.
Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan
pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan.
Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan
pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record
pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman
Sebagai
strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak
mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di
antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun
bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang
didukung oleh sistem dan format bisnis yang telah teruji.
Bidang
usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus
berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat.
Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari
adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang
minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era
globalisasi.
Tahun
1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi
masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai
Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan
memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis
yang baik.
Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat,
terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret, dari 2 gerai
pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei 2008. Program waralaba Indomaret
yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba
(Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini merupakan salah satu keunggulan
domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam
mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan
finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang
membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga
dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
VISI
Menjadi aset nasional dalam bentuk
jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global
MOTTO
Mudah dan Hemat
KEUNGGULAN
- Bisnis Franchise Indomaret
merupakan yang pertama di Indonesia, dan merupakan pionner dalam bidan
ritel minimarket.
·
Bisnis
kami sudah teruji dengan jumlah 10.000 gerai, namun lebih dari 32 % adalah
Franchise.
- produk yang kami sediakan fresh
dan beragam baik itu kebutuhan sehari-hari, makanan siap saji, hingga
sayur dan buah tersedia di Indomaret.
- Mempunyai sistem pembelian
virtual, serta beragam promosi menggunakan Indomaret Card.
STRUKTUR
PERUSAHAAN
Bagian
Area / Toko Indomaret
a.
Kepala
Toko, bertugas :
·
Mengkoordinir
dan menjalankan semua kegiatan operasional.
·
Mengkoordinir
semua aktivitas toko di dalam memberikan pelayanan kepada semua pelanggan yang
diarahkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan meningkatkan jumlah pelanggan
toko.
·
Mengkoordinir
dan mengelola bawahan sesuai dengan budaya perusahaan.
·
Berkoordinir
atau berhubungan dengan area coordinator atau departemen lain sehubung
dengan adanya masalah atau program – program tertentu yang berkaitan dengan
toko.
·
Melakukan
evaluasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas – tugas operasional sehari-hari.
b. Wakil Kepala Toko, bertugas :
·
Mengkoordinir
dan menjalankan semua kegiatan operasional.
·
Mengkoordinir
semua aktivitas toko di dalam memberikan pelayanan kepada semua pelanggan yang
diarahkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan meningkatkan jumlah pelanggan
ditoko.
·
Mengkoordinir
dan mengelola bawahan dengan budaya perusahaan.
·
Berkoordinir
atau berhubungan dengan area coordinator atau departemen lain sehubung
dengan adanya masalah atau program – program tertentu yang berkaitan dengan
toko.
·
Melakukan
evaluasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas – tugas operasional sehari-hari.
·
Melapor
atau meminta persetujuan kepada Kepala Toko mengenai keputusan yang berhubungan
dengan toko.
c. Merchandiser, bertugas :
·
Mengkoordinir
permintaan barang dagangan dari distribution center.
·
Mengkoordinir
pengeluaran atau retur barang dari toko ke distribution center.
·
Mengkoordinir
pendisplay-an barang dagangan baik dirak-rak penjualan ataupun
gudang.
·
Mengkoordinir
dan memastikan sarana promosi terpasang sesuai petunjuk.
·
Menjaga
dan merawat sarana promosi tersebut.
·
Menggantikan
kepala toko atau asisten kepala toko apabila sedang off
d. Kasir, bertugas :
·
Melaksanakan
kebersihan.
·
Mempersiapakan
sarana kerja yang diperlukan.
·
Melakukan
pengawasan dan pencegahan barang hilang.
·
Menerima
penitipan barang.
·
Melakukan
proses transaksi penjualan langsung.
·
Pemanjangan
barang (display).
·
Persiapan
retur barang.
·
Informasi
dan penawaran program promosi.
·
Pencetakan
barang.
·
Stock
Opname.
·
Penyebaran
Leaflet.
e. Pramuniaga, bertugas :
·
Memberikan
pelayanan kepada pelanggan.
·
Melaksanakan
kebersihan.
·
Mempersiapakan
sarana kerja yang diperlukan.
·
Melakukan
pengawasan dan pencegahan barang hilang.
·
Menerima
penitipan barang.
·
Melakukan
proses transaksi penjualan langsung.
·
Pemajangan
barang (display)
·
Persiapan
retur barang.
·
Informasi
dan penawaran program promosi.
·
Pencetakan
barang.
·
Stock
Opname.
·
Penyebaran
Leaflet.
·
Informasi
barang kosong kepada MD atau kepala toko atau asisten kepala toko.
SOP (STANDART
OPERATIONAL PROSEDUR)
Indomaret adalah perusahaan berskala
nasional yang bergerak di bidang ritel yang menyediakan kebutuhan pelanggan.
Gerai-gerai indomaret tersebar di pulau Indonesia, sehingga pelanggan dapat
memenuhi kebutuhannya dengan mudah dan hemat.
Indomaret yang berkomitmen terhadap
kepuasan pelanggan ini, juga memiliki sistem kerja yang disiplin. Kegiatan
rutin sebelum memulai kerja ialah briefing pagi, yang
selanjutnya disebut SOP (Standar Operasional Prosedur).
SOP
dilakukan setiap hari Senin, Rabu , dan Jum'at sebelum mengawali kerja. SOP
wajib dijalankan oleh karyawan office. Hal ini bertujuan agar
karyawan disiplin dan lebih bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya. Selain
itu, SOP bertujuan untuk menambah spirit kerja dan mengingatkan kembali akan
budaya dan etos kerja di Indomaret.
Adapun susunan acara SOP antara lain:
1.
Pukul
07.45 WIB seluruh karyawan office diwajibkan hadir di lokasi.
2.
Pukul
07.50 WIB SOP dimulai dipimpin oleh pemimpin SOP, bentuk kegiatannya antara
lain:
a.
Do'a
menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
b.
Menyanyikan
Mars Indomaret.
c.
Mengucapkan
janji karyawan Indomaret.
d.
Briefing
yang disampaikan oleh pimpinan perusahaan, pimpinan departemen ataupun manajer.
e.
Pukul
08.00 SOP selesai.
JANJI KARYAWAN INDOMARET
1.
Kami
karyawan dan karyawati indomaret menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
2.
Kami
berjanji untuk bekerja dengan rajin dan sungguh-sungguh.
3.
Kami
berjanji untuk bekerja sama di dalam tim guna mencapai kemajuan perusahaan.
4.
Kepuasan
pelanggan adalah kepuasan kami
FLOWCHART PEMBELIAN
Lampiran
Semoga Bermanfaat ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar